Buat para siswa dan siswi yang harus belajar dirumah, tetap semangat dan buatlah dirimu semakin bersemangat ya. Nah, disini kita akan membahas 3 ide yang bisa kalian lakukan selama belajar di rumah. Ide ini bisa dilakukan bersama orang tua dirumah ataupun kakak atau adikmu ya! Penasaran? apa saja? Cek dibawah ini ya.


1. Manfaatkan Aplikasi Online Untuk Belajar

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi online yang dapat kalian gunakan, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Pastikan kalian turut mencobanya ya! Selain dapat mengasah kemampuan, teknik belajar online ini seru lho dan membuat belajar semakin seru dan tak bosan. Tetap semangat belajar dan selamat mencoba.

2. Melakukan Kegiatan Tanpa Gawai (Gadget)

Apakah kalian tahu, apa itu gawai? Biasanya orang lebih mengenal istilah gadget daripada gawai. Menurut KBBI arti gawai adalah alat; perkakas atau peranti elektronik atau dapat disebut  mekanik dengan fungsi praktis; gadget. Mungkin jika sedikit bosan belajar, para orang tua dapat mengajarkan kegiatan tanpa gawai atau gadget seperti merapikan kamar, menyusun pakaian di lemari, memasak, olaharaga bersama orang tua dirumah atau membersihkan rumah. Memang kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan metode pembelajaran atau konten akademis tetapi hal ini dapat menjadi jalinan hubungan yang baik antara orang tua dan anak. Tipe kegiatan ini dapat dilakukan dengan tujuan membuat anak semakin mandiri dan tidak manja, cukup dengan membiasakannya secara rutin dan selalu ingatkan anak. Berkegiatan tanpa gawai juga dapat membuat pikiran semakin jernih dan mata semakin sehat. Selamat mencoba dan pastikan harus ekstra sabar ya untuk para orang tua 🙂


3. Gunakan Metode Belajar Charlotte Mason

Metode pembelajaran dengan short lesson ini dapat digunakan ketika kamu harus belajar dirumah. Seperti contoh untuk awal, berikan waktu 1 jam untuk belajar dengan pembagian 15 menit untuk Matematika 15 menit untuk Biologi 15 menit untuk Sosiologi dan 15 menit untuk Kesenian.  Setelah selesai 1 jam bisa santai melakukan hal lain selain belajar. Tahapan selanjutnya bisa 2 atau 3 jam dengan metode yang sama. Pada prinsipnya, metode Charlotte Mason ini dimulai dari sesuatu yang mudah dan mungkin untuk dilakukan, baru ditingkatkan secara perlahan.

3 Ide ini dapat kalian, orang rumah dan orang tua coba ya selama harus tetap #Dirumahaja. Kegiatan harus dilakukan dengan senang hati dan jangan bersungut-sungut agar semua tertata dan berjalan dengan mulus. Tetap jaga kesehatan, jangan lupa belajar dan semangat selalu ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =