Pandemi Covid19 ini membuat seluruh anak-anak sekolah mengharuskan untuk belajar di rumah. Belajar jarak jauh di rumah berarti orang tua atau pengasuh memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak di rumah selama sekolah diliburkan.

Kali ini, tim bimbel Top Score akan memberikan 5 cara untuk para parents agar anak dapat disiplin belajar dirumah. Berikut beberapa cara agar anak disiplin belajar di rumah.

1. Menjelaskan situasi

Jelaskan situasi yang terjadi saat ini pada anak mengenai social distancing dan aktivitas di rumah. Berikan pemahaman bahwa anak tetap harus belajar di rumah. Dirumah juga untuk belajar bukan terus bersantai dan tidak belajar.

2. Buat jadwal teratur dan Konsultasi dengan guru

Jadwal ini bisa mengikuti jadwal belajar anak di sekolah atau membuat jadwal belajar baru yang lebih fleksibel. Misalnya, seperti bangun pagi yang teratur, mandi, sarapan, belajar, istirahat dan bermain, dan belajar hingga waktu yang ditentukan, aktivitas bebas, mandi, dan tidur.
Orang tua jika mengalami kesulitan dalam memberikan pengarahan bisa langsung berkonsultasi via online atau telepon dengan guru yang bersangkutan.

3. Belajar dan bekerja bersama

Aktivitas orang tua yang harus bekerja dari rumah bisa digabungkan dengan belajar bersama anak. Anak akan merasa lebih adil dan terpacu untuk belajar ketika orang tua juga ikut bekerja bersama. Jangan sampai anak diminta untuk belajar tapi orang tua sibuk sendiri dengan gadget atau dengan grup pertemanannya.

4. Suasana yang nyaman

Buat suasana yang nyaman untuk bekerja dan belajar di rumah. Beraktivitas di rumah berarti memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka.

Menggunakan benda tambahan seperti bantal dan menyiapkan makanan ringan juga bisa dilakukan agar anak betah belajar dan berikan cemilan di sela-sela belajar agar anak semakin nyaman dan senang saat harus belajar.

5. Selingi dengan aktivitas yang menyenangkan

Agar tidak membosankan, selalu siapkan aktivitas yang menyenangkan bersama anak. Aktivitas ini dapat pula menjadi hadiah atau imbalan ketika anak menyelesaikan sebuah tugas atau materi.Aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain video game dan menonton film. Jangan lupa untuk mengajak anak beraktivitas fisik dan berolahraga selama berkegiatan di rumah.

5 Tips ini dapat dilakukan saat harus #Dirumahaja dan masa PSBB bagi kalian. Tetap semangat dan terus jaga kesehatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + sixteen =