Belajar fisika itu mengasyikkan. Banyak hal unik dan menarik ditemukan pada mata pelajaran fisika. Fenomena alamiah berkaitan dengan zat dan energi menjadi daya tarik tersendiri ketika belajar ilmu fisika.
Sebagai contoh kecil dikemukakan di sini adalah fenomena terjadinya pelangi. Peristiwa alam yang sering dikaitkan dengan tahyul ini. Ternyata hanyalah proses alam penguraian cahaya matahari oleh partikel air.
Begitu pula gejala terjadinya petir, gema dan gaung pada peristiwa pemantulan bunyi. Hukum Newton yang dihubungkan dengan gerak benda dan grafitasi bumi. Tentu saja masih banyak peristiwa unik dan menarik lainnya berkaitan dengan pelajaran fisika.

Hasil gambar untuk physic background

Belajar fisika di sekolah, juga bermanfaat langsung bagi kita.Teori dan konsep fisika sederhana yang sudah dipelajari, dapat diterapkan dalam lingkungan kita sendiri. Mempermudah kita untuk melakukan sesuatu pekerjaan atau kegiatan. 

Misalnya materi pesawat sederhana; prinsip kerja tuas, katrol dan bidang miring. Berguna untuk mempermudah manusia untuk melakukan usaha atau kerja.
Namun demikian tidak dapat dipungkiri. Sebagian kita menganggap fisika itu sebagai mata pelajaran sulit. Sarat dengan rumus. Penuh dengan rangkaian peristiwa abstrak dan sering membuat pusing. 

Ini adalah anggapan keliru yang telah menyebabkan kita kurang berminat untuk mempelajarinya.
Lalu, bagaimana cara belajar fisika agar tidak menjadi pelajaran yang terlalu sulit bagi kita? berikut 7 cara efektif belajar Fisika :

1.Buang pemikiran fisika itu sulit

Gambar terkait

Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuang pikiran bahwa fisika itu sulit. Bukankah fisika itu mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan fenomena di sekitar kehidupan kita? Nah, karena fisika itu dekat dengan lingkungan, kita pasti bisa belajar fisika. Akan mengerti dan paham dengan materinya. Sanggup pula mengerjakan soal-soal ujian fisika.

2.Pelajari materi dasar dan mudah

Hasil gambar untuk study

Pelajari dan kuasai materi dasar yang paling mudah terlebih dulu. Begitu pula contoh-contoh soal dan cara mengerjakannya.  Materi dasar ini akan berkaitan dengan materi fisika selanjutnya.

3.Baca materi fisika yang akan dipelajari

Hasil gambar untuk study

Biasakan terlebih dulu membaca materi pelajaran yang akan dipelajari di sekolah. Ini menjadi modal bagi kita untuk menerima penjelasan guru. Jika kita sudah menguasai 20 % berarti kita sudah mempunyai modal untuk meningkatkan pemahaman saat guru menerangkan pelajaran di sekolah.

4.Perhatikan dan catat dengan baik

Hasil gambar untuk study notes

Perhatikan dengan baik saat guru menerangkan pelajaran. Jika kita sudah membaca materi yang sedang diterangkan oleh guru sebelumnya di rumah. Penjelasan guru akan mudah menyambung dengan pikiran kita.
Jika masih ada yang kurang paham segera tanyakan pada guru. Kemudian segera catat materi yang dianggap penting. Bandingkan pemahaman dan penguasaan kita. Apakah sudah meningkat setelah mengikuti penjelasan guru?

5.Mengerjakan soal latihan

Hasil gambar untuk lesson

Kerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan soal yang lebih sulit. Baca berulang-ulang pernyataan-pernyataan setiap soal latihan. Kemudian pastikan apa yang ditanya oleh soal tersebut.  Biasanya, soal latihan itu ada kata kunci pertanyaan. Ketahui apa sesungguhnya yang ditanya dalam soal latihan. Jika tidak mengetahui pokok pertanyaan soal, memang sulit untuk mengerjakannya.

6.Belajar kelompok di rumah

Gambar terkait

Belajar fisika bukan berarti menghafal materi pelajaran fisika. Melainkan memahami konsep dan hukum fisika yang dipelajari. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pemahaman kita, lebih efektif dengan belajar kelompok di rumah. Dengan cara ini akan memungkinkan kita untuk saling berdiskusi, berbagi dan saling bertanya di dalam kelompok tersebut.

7.Benahi buku catatan fisika

Gambar terkait

catatan pelajaran fisika harus lengkap dan rapi. Tujuannya agar kita betah membuka dan membaca buku catatan pelajaran fisika. Coba bayangkan, apakah mungkin kita betah belajar membaca buku catatan yang tidak lengkap dan semrawut. Tentu saja kita akan malas membaca buku tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =