Gadget ibarat dua sisi mata pisau yang memiliki dampak negatif dan positif. Semua kembali kepada bagaimana cara kita menggunakannya. Gadget pun tidak dapat dipisahkan lagi di kehidupan sehari-hari, termasuk si Kecil. Apalagi bila sehari-hari si Kecil sering melihat orang tuanya sering berkutat dengan gadget. Gadget pun menjadi barang yang sangat familiar dengan si Kecil. Lalu bagaimana ya Moms bila si Kecil sudah mengenal gadget dan menjadi kecanduan?

Menurut saya sebaiknya sejak dini si Kecil jangan dulu diperkenalkan dengan gadget, apalagi bila usianya masih di bawah dua tahun. Penggunaan gadget pada usia terlalu dini akan menimbulkan dampak negatif.

Dampak negatif penggunaan gadget pada si Kecil antara lain:

1) Efek radiasi dari Gadget tentu akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan si Kecil. Dan juga berpengaruh pada kesehatan mata. Tidak mau kan Moms si Kecil terkena rabun karena terlalu sering menatap layar HP apalagi bila dalam jarak dekat dan sambil berbaring?

2) Mempengaruhi keterampilan sosialisasi si Kecil. Si Kecil akan terbiasa hanya diam terpaku memainkan game atau asyik bermain Gadget. Ini akan mempengaruhi keterampilan sosial si Kecil karena tidak ada interaksi timbal balik dengan orang lain di sekitarnya. Si Kecil akan lebih cenderung pasif dan asyik dengan dunianya sendiri.

3) Mempengaruhi keterampilan motorik si Kecil. Perkembangan motorik anak yang terlalu sering diam terpaku hanya menatap HP tentu akan berbeda dengan anak yang aktif bermain di luar dengan teman- temannya. Si Kecil menjadi malas bergerak dan bermain di luar rumah.

4) Mempengaruhi kemampuan verbal / berbahasa pada si Kecil bila terlalu dini menggunakan gadget. Karena dia tidak dibiasakan interaksi dua arah. Tapi hanya pasif mendengarkan atau melihat layar gadget.

5) Si Kecil dapat saja secara tidak sengaja mengakses situs atau video yang tidak seharusnya bila tidak diawasi orang tua.

Terlepas dari dampak negatifnya, gadget pun memiliki dampak positif juga. Antara lain bagi anak usia sekolah, gadget bisa dijadikan salah satu sarana untuk pembelajaran. Contohnya video edukasi seperti belajar mengenal angka dan huruf, dll. Gadget juga bisa dijadikan sarana hiburan bagi si Kecil seperti menonton lagu anak-anak dan kartun anak.

Bagi saya, gadget lebih memiliki dampak negatif dibandingkan positifnya. Jadi sebaiknya orang tua harus bijak dalam mengatur penggunaan gadget untuk si Kecil.

Beberapa tips dalam penggunaan gadget:

1) Jangan perkenalkan gadget pada anak usia di bawah dua tahun. Lebih baik memberikan si Kecil mainan edukatif yang aman untuk mengasah keterampilan dan daya imajinasinya. Atau perkenalkan kepada buku sedini mungkin. Moms bisa memberikannya berbagi buku edukasi yang banyak beredar di pasaran seperti soft book, busy book, noisy book, flash card dll. Ini sangat baik untuk memperkenalkannya kepada berbagai macam huruf, hewan, suara dll. Apalagi bila Moms rajin membacakannya dan menemaninya mengenal angka, huruf dll.

2) Jangan membiarkan si Kecil leluasa membawa gadget tanpa pengawasan orang tua. Saya sering kali melihat anak kecil usia 3 tahun ke atas yang ke mana-mana memegang gadget tanpa ada pengawasan orang tua. Yang ditakutkan adalah si Kecil tanpa sengaja mengakses video yang tidak seharusnya. Atau malahan dapat mengancam keselamatan si Kecil bila ada orang jahat yang berniat jelek untuk mengambil gadgetnya. Ini tentu membahayakan keselamatan si Kecil.

3) Si Kecil tidak perlu dibelikan gadget. Membelikan gadget si Kecil menurut saya adalah hal yang sangat tidak perlu. Sering kali dengan alasan kasih sayang orang tua membelikan hadiah gadget untuk anaknya. Bagi saya ini seperti menjerumuskan si Kecil ya Moms. Lebih baik kita membelikan barang lain yang lebih bermanfaat dan lebih berguna bagi si Kecil.

4) Batasi penggunaan gadget bagi si Kecil. Untuk anak usia dua tahun ke atas, boleh saja sesekali kita mengizinkannya untuk menggunakan gadget asal ada aturan mainnya. Misalkan jangan bermain gadget ketika makan, menjelang tidur atau ketika berkumpul bersama keluarga. Sebaiknya Moms menerapkan jam maksimal penggunaan gadget dalam sehari untuk si Kecil.

https://kumparan.com/babyologist/bijak-dalam-menggunakan-gadget-untuk-si-kecil-1rLv99e08Kh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − three =