Sudah hampir 2 bulan anak-anak harus melakukan segala akltivitasnya dirumah saja. Agar anak tidak bosan di rumah selama masa physical distancing memang tidak gampang, apalagi jika anak biasa bermain di luar bersama teman-temannya. Untuk itu, orangtua perlu memutar otak untuk menghadirkan berbagai permainan seru yang bisa dilakukan di dalam rumah maupun di teras dan halaman rumah saja.

Bermain bukan hanya dapat menghindarkan anak dari kebosanan. Saat anak bermain dengan orangtua, kemampuan kognitifnya akan terasah, begitu pula kemampuan fisik, sosial, dan emosionalnya.

Dari sisi orang tua, bermain bersama anak juga meningkatkan ikatan (bonding) yang mungkin sempat renggang akibat kesibukan kedua orang tua sebelumnya. Dengan memainkan permainan yang seru, baik orangtua maupun anak akan menghabiskan kebersamaan

Berikut 5 Jenis permainan yang seru yang mungkin dapat Anda lakukan bersama anak di rumah, antara lain:

1. Lempar koin

Permainan yang seru ini dapat sekaligus melatih koordinasi antara mata dan tangan anak. Bahan yang harus Anda siapkan pun sangat mudah ditemukan, yakni uang koin dan gelas.

Cara bermainnya:

  • Letakkan gelas di atas bangku, meja, atau permukaan datar lainnya
  • Berikan 5 koin pada anak
  • Minta anak untuk mundur beberapa langkah. Semakin besar usia anak, jaraknya dengan gelas bisa semakin jauh
  • Minta anak untuk melempar koin ke gelas

Semakin banyak ia bisa memasukkan koin, semakin besar hadiah yang bisa ia dapatkan. Anda pun bisa menggunakan benda lain untuk dilempar, misalnya kepingan blok mainan anak atau kelereng.

2. Tebak kata atau gambar

Permainan yang seru ini cocok dilakukan untuk anak usia sekolah atau baru mulai belajar mengenal kata. Bahan yang harus Anda siapkan hanya alat tulis dan kertas.

Cara memainkannya:

  • Pada kertas, tuliskan kata atau gambarkan gambar yang harus ditebak oleh anak, misalnya nama hewan
  • Orangtua harus memeragakan nama hewan yang ditulis di kertas, sedangkan anak menebaknya

Peran yang dimainkan juga bisa ditukar, yakni anak memeragakan dan orangtua menebak. Permainan ini juga akan melatih daya imajinasi si Kecil, lho.

3. Puzzle

Ingin mainan yang lebih damai dan tidak berisik? Coba berikan mainan bongkar-pasang alias puzzle pada anak. Jika ia baru pertama kali bermain puzzle, jelaskan pada si Kecil bahwa permainan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merangkai potongan gambar menjadi satu gambar utuh.

4. Petak umpet

Rumah Anda memiliki sudut untuk bersembunyi? Bila iya, maka permainan yang seru ini bisa menjadi salah satu alternatif, asalkan Anda juga menjelaskan pada anak untuk menghindari tempat berbahaya, seperti dekat kompor atau di tepi tangga.

Memiliki rumah yang luas memang menjadi tempat ideal untuk bermain petak umpet. Namun jika rumah Anda tidak terlalu besar, coba untuk menutup pintu dan jendela, matikan lampu, dan mulai permainan petak umpet ini.

5. Mencari harta karun

Permainan yang seru ini bukan hanya akan membuat anak sibuk, namun juga melatih kemampuan problem solving dan jiwa observasi yang dimiliki si Kecil. Untuk membuat game lebih seru, Anda dapat menyelipkan hadiah yang boleh dimiliki oleh anak saat permainan selesai.

Selama bermain, orangtua harus memperlihatkan dukungan pada anak dengan tersenyum, tertawa, atau memberi semangat pada anak. Ketika orangtua dan anak-anak menikmati permainan tersebut, maka Anda dan anak akan sama-sama mendapatkan manfaat dari permainan yang seru tersebut. Have fun to try Parents!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + five =