Hasil gambar untuk kids creativity

Kreativitas salah satu potensi yang sudah dimiliki setiap anak dan perlu kita kembangkan di mulai dari usia dini. Bakat yang ada pada anak – anak perlu untuk di kembangkan sehingga pada nantinya akan muncul kreativitas dan potensi pada anak – anak.

Pada dasarnya setiap anak itu terlahir cerdas dan juga sudah dibekali dengan kreativitas, namun semua itu akan tidak akan berkembang apabila kita tidak mengembangkan sehingga nantinya akan membuat anak – anak menjadi memendam bakat – bakat yang dimiliknya.

Kreativitas di mulai pada saat anak menciptakan sesuatu yang baru dari kemampuan individunya. Salah satu pendekatan yang baik untuk merangsang  sekaligus mengembang kan kreatifitas anak adalah dengan bermain dilingkungan menggunakan suatu sarana dan juga bisa dengan media.

Dengan melakukan aktivitas bermain anak – anak akan banyak mempelajari konsep dasar dalam berkreativitas. Di usia prasekolah anak – anak perlu menguasai tentang konsep dasar tentang bentuk, warna, ukuran, arah, besaran dan lain – lain, hal ini bisa diperoleh dengan bermain.

Sekarang kita akan membahas bagaimana permainan dalam kreativitas anak usia dini dan seperti apa ciri – ciri anak yang kreatif itu :

1. PERMAINAN DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI.

Bermain adalah sesuatu kegiatan yang menyenangkan bagi  anak – anak, dalam suasana permainan yang aktif anak – anak akan memperoleh kesempatan yang sangat luas dalam bereksplorasi agar bisa memenuhi rasa keingin tahuannya.

Dengan bermain anak – anak akan bebas mengespresikan setaip gagasan barunya baik yang menggunakan alat maupun tidak. Jenis – jenis permainan anak – anak yang bisa dilakukan yaitu :

PERMAINAN SENSOMOTORIS (PRAKTIS).

Dengan melakukan permainan ini maka kita akan bisa melatih kreativitas anak usia dini dalam menggunakan semua inderanya seperti menyentuh, eksplorasi suatu benda, berlari, melompat, meluncur, melempar bola, berputar dan lain – lain.

PERMAINAN SIMBOLIS (PURA – PURA).

Permainan ini bisa terjadi apabila ketika anak – anak mentrasformasikan lingkungan fisik ke suatu simbol, sehingga menjadi bersifat dramatis dan sosiodramatis. Di dalam permainan pretend, ada tiga hal yang biasa terjadi yaitu alat – alat, alur cerita serta peran.

PERMAINAN SOSIAL.

Permainan ini juga berperan penting dalam kreativitas anak usia dini, yaitu dengan terlibat dalam beriteraksi sosial denga para teman sebayanya.

PERMAINAN KOSNTRUKTIF.

Permainan ini akan terjadi di saat anak – anak melibatkan diri dalam suatu permainan kreasi suatu produk atau suatu pemecahan masalah yang dilakukannya sendiri.

GAMES.

Suatu kegiatan yang akan memperoleh suatu kenikmatan dan menyenangkan serta melibatkan beberapa peraturan sekaligus memberikan kompetisi dengan anak – anak lainnya.

2. CIRI – CIRI ANAK KREATIF.

LANCAR BERPIKIR.

Kemampuan ini sangat penting untuk bisa dikembangkan karena seorang anak yang tinggi akan kreativitasnya maka pemikirannya akan lancar dalam berfikir. Ia dapat meberikan jawaban terhadapa suatu pertanyaan yang di ajukan.

Semakin anak itu kreatif maka anak tersebut bisa akan dengan mudah menjawab setiap masalah serta tantangan  yang ditemukannya di dalam hidup dengan kreativitasnya.

FLEKSIBEL.

Seoran anak yang fleksibel dapat memberikan jawaban yang bervariasi serta melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Seoranga anak yang fleksibel akan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai keadaan.

IMAGINATIF.

Seorang anak yang imaginatif mempunyai kahayal dan imajinasi yang tinggi, yang bisa ia gunakan dalam kegiatan sehari – hari. Sisalkan anak itu membayang menjadi seorang ayah anak tersebut akan berbicara dan berperilaku layaknya seorang ayah.

Pada saat anak tersebut sudah tumbuh menjadi seorang remaja anak tersebut bisa mengaplikasikannya imajinasinya  dalam bentuk fiksi ilmian, seperti menulis cerita, naskah, menulis lirik lagu dan bermain musik dengan genre tertentu.

ORISINIL.

Seorang anak yang orisinal dalam berpikir akan dapat memberikan suatu jawaban yang jarang di jawab oleh anak lainnya. Jawabannya terkadang tidak terpikirkan oleh orang lain atau tidak apada lazimnya.

ELABORASI.

Dalam hal ini seorang anak akan dapat menyimpulkan atau dapat memberi gagasan jawaban yang dikemukakan, sehingga anak tersebut bisa mengembangkan jawabannya dengan terperinci sampai hal – hal yang kecil.

KEINGIN TAHUAN YANG TINGGI.

Seorang anak yang punya keingin tahuan yang tinggi akan terus memperhatikan sesuatu yang telah di anggapnya menarik dan akan mendalaminya sampai anak tersebut puas, sehingga anak tersebut tidakn melewakan kesempatan untuk bertanya.

Rasa keingin tahuannya akan membuatnya selalu mencari akan ilmu, daya berpikir yang kritis dan tidak mudah percaya dengan apa yang dikatakan orang lain sebelum membuktikan akan kebenarannya.

BANYAK BERTANYA.

Anak yang kreatif akan secara spontan mengajukan suatu pertanyaan yang berkaitan dengan suatu pengalaman yang baru ditemuinya. Pertanyaan yang di tanyakan seringkali terdengar sulit dan menjebak.

Sehingga kita pun harus punya strategi dalam menjawab setiap pertanyaan yang di ajukannya agar anak tersebut bisa dengan mudah memahaminya.

SENANG DENGAN LINGKUNGAN.

Seorang anak yang suka dengan lingkungan akan suka mengumpulkan serta meneliti makhluk hidup dan benda – benda mati yang ada di sekitar lingkungannya. Hal iini akan sangat bermafaat di saat anak tersebut sudah mulai tumbuh dewasa.

Anak tersebut akan suka belajar dan mengasah rasa keingin tahuannya terhadap sestuatu yang di temuinya secara mendalam.

SUKA MENERIMA RANGSANGAN BARU.

Seorang anak yang kreatif akan senang mendapatkan stimulasi atau rangsangan baru dan selalu terbuka terhadap suatu pengalaman yang baru. Semakin banyak stimulus yang bisa kita berikan maka semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang anak tersebut dapatkan, maka semakin banyak juga percobaan yang akan dilakukannya.

Sehingga otaknya akan terus terasah dan berkembanga seiring dengan setiap proses dan kemampuannya dalam berpikir.

SUKA BEREKSPERIMEN.

Seorang anak yang kreatif akan selalu senang dalam melakukan percobaan – percobaan yang akan dilakukannya dengan berbagai cara, sampai rasa keingin tahuan dan penasarannya dapat terpecahkan.

Peran orang tua juga sangat penting dalam hal membimbing seorang anak namun jangan sampai menjadi penghambat dan terlalu mencampuri eksperimen anak tersebut. Berikanlah penjelasan tentang sesuatu yang baik dan yang buruk untuk dilakukan

Hal ini lebih baik ketimbang mengatakan tidak boleh atau jangan pada seorang anak, akibatnya anak tersebut tidak akan banyak berkembang untuk kedepannya.

TIDAK MUDAH BOSAN.

Seorang anak yang kreatif tidak akan pernah merasa bosan dalam melakukan sesuatu, ia akan terus melakukannya sampai anak tersebut merasa puas. Setelah selesai dalam melakukan sesuatu ia akan mencari kembali sesuatu yang lain lagi yang bisa dilakukannya.

Bermain memanglah hal yang lumrah di lakukan oleh seorang anak, banyak manfaat yang bisa diambil dengan bermain. Dengan berkreativitas seorang anak akan memiliki kemampuan dalam menciptakan sesuatu.

Kreativitas anak usia dini juga harus bisa kita kembangkan, kreativitas juga dapat mempengaruhi serta meningkatkan kecerdasaran seorang anak sehingga kreativitas merupakan sebuah aspek yang penting bagi seorang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + seventeen =