Mengapa Matematika Begitu Sulit?

math-is-hard
Matematika adalah hal yang berkelanjutan, belajar matematika seperti membuat sebuah bangunan. Kita harus mendapatkan pemahaman dalam satu area sebelum kita dapat secara efektif pergi untuk “membangun” area yang lain. Area matematika pertama yang kita miliki didirikan di sekolah dasar, ketika kita belajar aturan penjumlahan dan perkalian, dan konsep-konsep pertama inilah yang menjadi fondasi kita.

Area berikutnya datang di sekolah menengah pertama, ketika siswa pertama belajar tentang formula dan operasi. Informasi ini harus benar-benar dikuasai sebelum siswa dapat melanjutkan untuk memahami pengetahuan selanjutnya.

Masalah besar mulai muncul suatu waktu antara sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, karena siswa harus beralih ke materi baru sebelum mereka benar-benar siap. Siswa yang mendapatkan nilai pas-pasan di smp hanya mengerti setengah dari apa yang seharusnya, tapi mereka harus melanjukannya. Mereka melanjutkannya karena:

  • Mereka pikir nilai 60 atau asal tidak remidial saja sudah cukup.
  • Orang tua tidak menyadari bahwa melanjutkan kelas tanpa pemahaman yang matang akan menimbulkan masalah di kemudian hari, mungkin di SMA atau di perguruan tinggi.
  • Guru di kelas tidak memilliki waktu dan energi yang cukup untuk memastikan bahwa setiap siswa benar-benar memahami pelajaran matematika.

Hikmah yang dapat kita ambil? Setiap siswa yang mendapatkan nilai matematika yang pas-pasan, harus benar-benar menguasai setiap materi yang diajarkan. Bahkan, akan sangat bijak untuk menyewa tutor atau mendaftar di tempat bimbingan belajar untuk membantu Anda untuk memahami konsep matematika dan berlatih soal, apabila Anda menyadari bahwa Anda telah berjuang di sekolah namun belum juga mengerti.

Bagaimana cara membuat matematika tidak begitu sulit?

Kami telah menetapkan beberapa yang membuat matematika terlihat menyulitkan:

  • Matematika tampaknya sulit karena membutuhkan waktu dan energi.
  • Banyak siswa tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk mengerti pelajaran matematika, dan mereka tertingal di sekolah sementara guru terus melanjutkan pelajaran.
  • Banyak siswa melanjutkan pelajaran matematika tanpa benar-benar menguasai dasarnya.

Tidak masalah di mana pun kita berada dalam kesulitan studi matematika kita, kita dapat unggul dalam matematika dan mendapatkan nilai yang baik jika kita mundur cukup jauh untuk memperkuat dasar pemahaman matematika kita. Kita harus mengisi setiap lubang dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar yang kita pernah temui (mungkin di SMP atau bahkan pada saat SD).

  • Jika kamu murid SMP saat ini, jangan mencoba untuk melanjutkan sampai kamu memahami konsep-konsep pra-aljabar sepenuhnya. Ikutlah bimbingan belajar, jika merasa benar-benar diperlukan.
  • Jika kamu murid SMA dan sedang berjuang dengan matematika, rajin-rajinlah mengerjakan soal latihan, atau mungkin menyewa guru privat untuk memastikan bahwa kamu dapat menguasai setiap konsep dasar yang mungkin kamu tidak benar-benar kuasai sebelumnya.

Jangan khawatir, Apabila kamu tidak memahami matematika atau selalu mendapatkan nilai jelek. Akui setiap kelemahan, ambil tindakan ekstra seperti ikut bimbel atau rajin berdiskusi dengan teman yang lebih pandai, banyak praktek mengerjakan soal latihan sehingga kamu dapat mengejar ketinggalan dan meningkatkan nilai dan prestasi di sekolah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 1 =