10 Tips Belajar Efektif dan Efisien

cover
Banyak anak mengalami kesulitan ketika belajar di sekolah, mereka sering kali mendapatkan nilai yang buruk meskipun telah belajar dengan giat. Setelah melihat begitu banyak siswa yang berjuang setiap tahunnya, Kami membuat daftar tentang 10 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak dengan baik dan efektif.

10. Memilih tempat yang nyaman dan konsisten untuk belajar.
Beberapa anak membutuhkan suasana yang benar-benar tenang ketika belajar, ada juga yang hanya bisa belajar dengan iringan musik pelan seperti musik klasik. Kuncinya adalah menemukan sebuah tempat yang nyaman untuk belajar secara teratur. Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan meja yang cukup besar sehingga anak Anda bisa membuka buku dengan nyaman. Pastikan alat tulis yang lengkap tersedia diatas meja, seperti pulpen, pensil, kertas atau kalkulator. Siapkan lampu yang cukup terang dan kursi yang nyaman dan sesuai dengan ketinggian meja.

9. Jangan belajar di detik-detik terakhir menjelang ujian.
Belajar sedikit pelajaran setiap malam jauh lebih baik daripada belajar seluruh pelajaran pada malam sebelum ujian. Karena anak telah mencicil untuk belajar sebelum hari ujian, ketika menjelang ujian anak bisa tidur dengan cukup sehingga lebih berkonsentrasi ketika mengerjakan soal ujian.

8. Membeli buku agenda dan menggunakannya.
Kebanyakan siswa memiliki buku agenda, tetapi mereka tidak menulis apa-apa di dalam buku tersebut. Pastikan anak anda mencatat setiap pekerjaan rumah atau tugas yang diberikan setiap harinya. Anda pun bisa mengecek buku agenda anak Anda. Hal ini sangat membantu, jika anak Anda sering lupa untuk membuat dan menyerahkan pekerjaan rumah.

7. Memisahkan buku catatan untuk setiap pelajaran.
Untuk setiap pelajaran, pisahkan buku untuk pelajaran yang satu dan untuk pelajaran lainnya. Setiap buku harus memiliki ruang yang cukup untuk mencatat dengan baik. Atau kita bisa juga menggunakan binder, setiap pelajaran dipisahkan oleh pembatas khusus.

6. Menyimpan file dengan terorganisir.
Berikan anak anda sebuah map untuk menyimpan setiap tugas atau ujian yang telah periksa dan dinilai oleh guru di sekolah. Hal ini akan sangat membantu untuk belajar pada saat ujian tengah semester atau ujian akhir semester.

5. Membuat kartu belajar.
Untuk pelajaran yang mengharuskan anak anda menghafal, seperti biologi/sains. Anak anda bisa membuat sebuah kartu catatan kecil, di bagian depan ditulis kata kunci nya, di bagian belakang dituliskan arti dan definisinya. Melalui kartu ini anda bisa dengan mudah membantu menanyakan setiap definisi dari setiap kata yang tertulis didepan, sehingga anak anda bisa lebih cepat menghafal.

4. Membuat panduan belajar sendiri.
Salah satu cara yang baik untuk belajar adalah dengan membuat sebuah catatan dari informasi penting sebuah pelajaran dan menulisnya dalam bahasa kita sendiri. Sehingga ketika kita membacanya kembali di rumah, kita akan lebih cepat ingat dan mengerti.

3. Berdiskusi dengan teman sekolah.
Berdiskusi tentang tugas atau pelajaran dengan teman sekolah adalah cara efektif lainnya untuk belajar. Berdiskusi dengan teman membuat pemahaman kita tentang suatu pelajaran menjadi lebih dalam.

2. Jika tidak mengerti, mintalah bantuan.
Jika kita tidak mengerti tentang pelajaran di kelas, jangan malu untuk bertanya kepada guru. Mungkin hal ini tidak bisa terlalu sering dilakukan, mengingat banyaknya murid dalam satu kelas dan terbatasnya waktu mengajar di dalam kelas. Ada solusi lainnya, yaitu Anda bisa memanggil guru les privat atau mendaftarkan anak Anda di tempat bimbingan belajar di dekat rumah anda.

1. Komitmen 
Belajar membutuhkan waktu dan usaha. Biasakan anak menjadi pribadi yang teratur, mintalah bantuan dan berusahalah untuk mengubah kebiasaan belajar dari sekarang. Setiap pelajaran yang diajarkan di SD atau SMP adalah pondasi untuk belajar di SMA dan Universitas. Memiliki kebiasaan belajar yang baik dan benar dari sekarang akan membantu anak di kemudian hari. Tentunya untuk awal, hal ini tidaklah mudah dan membutuhkan komitmen, tapi percayalah, kesuksesan akademis akan membuat anak lebih percaya diri dan orang tua menjadi bangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =