Setiap anak pasti memiliki tingkat dan jenis kecerdasaan yang berbeda-beda. Kita sebagai orang tua harus memahami tipe kecerdasan anak kita sejak dini. Ya, satu hal yang harus kita tanamkan jangan pernah membandingkan anak kita dengan anak lain. Pada artikel ini kita akan membahas tipe-tipe kecerdasan pada anak. Check this out:

Kecerdasan Kinestetik

Jika anak Anda suka lebih aktif bergerak dan agak sulit untuk belajar duduk manis di kursi berarti anak ini termasuk yang memiliki kecerdasan kinestetik. Terkadang pasti kita sebagai guru atau orang tua beranggapan anak yang sulit diam ini susah menerima pelajaran atau nakal di dalam kelas. Jangan beranggapan seperti itu ya Parents, solusinya adalah buatlah mereka bebas dengan mengikuti kegiatan di luar sekolah yang erat dengan gerakan fisik. Cukup banyak contohnya seperti belajar di luar ruangan, ikuti kelas olahraga yang disukai anak. Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik ini cenderung berprestasi di dunia olahraga.

Kecerdasan Linguistik

Bahasa, ya pada kecerdasan linguistik inilah anak biasa unggul dalam pelajaran-pelajaran tertentu seperti bahasa asing dan dapat memahami beberapa bahasa dengan baik. Biasanya anak pada tipe ini juga jago dalam hal menulis, membaca serta bercerita. Dukung terus ya Parents, ingat jangan membatasi anak karena dengan bahasa anak kita dapat membuka luas pikiran wawasan serta sangat diperlukan di masa mendatang. 

Kecerdasan Logika

Berbicara logika pasti sangat erat dengan hitungan. Ya, siapa disini Parents yang anaknya pandai berhitung? atau sangat menyukai jenis pelajaran hitungan seperti matematika, kimia dan fisika? Selamat anak Anda tergolong dalam tipe yang memiliki kecerdasan logika.

Kecerdasan Musikal

Piano, gitar, drum atau alat musik lainnya pastinya menjadi alat kesukaan dari sang anak yang memiliki kecerdasan musikal. Anak yang memiliki kemampuan otak kanan yang lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri biasanya memiliki kinerja pada alat musik. Seperti contoh Joe Alexander anak hebat yang pandai memainkan piano dan diakui di dunia. Parents harus melihat dengan jelas apakah anak Anda memiliki kecerdasan ini? Jika ya pastikan Anda dukung dan berikan pelatihan yang maksimal.

Kecerdasan Interpersonal

Anak yang mudah bergaul dan lebih cepat dekat dengan orang dapat dikategorikan memiliki kecerdasan interpersonal. Dimana anak mampu membangun suatu hubungan dengan komunikasi yang baik dan jauh dari perasaan takut. Parents, anak tipe seperti ini kelak dapat menjadi pemimpin yang baik di kehidupannya nanti. Dukung terus dan pastikan anak juga paham batasan jika bertemu orang baru sebagai orang tua juga harus waspada karena marak penculikan kerap terjadi dimana saja. Awasi dan berikan support yang baik untuk anak yang memiliki kecerdasan interpersonal.

Parents, sudah lengkapkah penjelasan 5 tipe kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak? Jika belum tanyakan pada kolom komentar dibawah dan pastikan Anda memperhatikan dengan detail perkembangan anak. Mulai dari dini Anda dapat menelaahnya dan dukung selalu kecerdasaan Anda untuk membuatnya semakin percaya diri dan mengembangkannya kelak menjadi anak yang membanggakan di masa mendatang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − ten =