Berbicara didepan kelas atau khalayak ramai bagi sebagian orang merupakan hal yang menakutkan apalagi saat Sahabat Top Score di minta oleh guru untuk mempresentasikan laporan ataupun tugas yang telah diberikan sebelumnya. Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara didepan banyak orang untuk mengajukan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Tapi banyak dari sebagian orang yang memiliki ide-ide brilian namun sulit dalam mempresentasikan atau mengungkapkan idenya.

Kebanyakan orang yang kesulitan dalam presentasi dikarenakan merasa tidak percaya diri yang disebabkan oleh luka psikologis saat tumbuh dewasa, trauma, atau merasa rendah diri. Ada yang berpendapat bahwa trauma dan rasa rendah diri sangat mempengaruhi bagi seseorang sehingga mengubah cara berbicara seseorang. Namun, menurut psikolog sekaligus psikiater Alfred Adler, itu sama sekali tidak benar. Dia mengungkapkan cara mengatasi trauma yaitu dengan memulihkan rasa percaya diri, jadi Sahabat Top Score jangan khawatir jika mengalami trauma.

Mereka yang kurang percaya diri mudah merasa berdebar-debar saat berbicara di hadapan orang banyak. Rumah Belajar Top Score memberikan 4 tips agar Sahabat Top Score memiliki keberanian untuk berbicara di depan khalayak ramai.

1. Membayangkan saat kamu presentasi

Mari kita berpikir bahwa audiens bukanlah orang yang akan menilai kamu, melainkan orang yang akan mendengarkan cerita kamu dengan gembira, bayangkan sesuatu yang membuat kamu merasa lebih nyaman dan menunjukan kemampuan kamu dengan baik.

2. Menghindari Merendahkan Kapasitas Diri Saat Memperkenalkan Diri

Kalimat-kalimat seperti “ saya tidak sempat mempersiapkan diri dengan baik…”, “ saya banyak kekurangan, tapi…” Kalimat ini justru membuat kepercayaan audiens turun dan membuat mereka tidak bisa fokus. Ini membuat kamu jauh lebih gelisah dan tidak bisa menghilangkan rasa gugup.

3. Pahami Konten dengan Baik dan rutin Berlatih

Jika kamu memahami materi atau konten lebih banyak dari audiens, maka mereka akan berhenti menilai dan mulai fokus untuk mendengarkan.

Cara latihan presentasi yang baik :

1. Latihan di depan cermin

2. Latihan di hadapan orang

3. Latihan dengan perekam alat video

4. Lakukan latihan secara berulang-ulang

4. Berdoa dengan penuh keyakinan

Tidak peduli apa agama nya yang terpenting adalah kamu harus berdoa dengan khusyuk dengan penuh keyakinan untuk menghilangkan rasa gugup.

Nah, itulah tadi tips untuk Sahabat Top Score yang mengalami rasa kurang percaya diri saat melakukan presentasi. Perasaan takut itu manusiawi semua orang pasti pernah merasakannya saat berbicara di depan banyak orang, tetapi jangan sampai rasa takut itu yang akan menghancurkan kamu. Percayalah tidak ada yang tidak mungkin, semua akan terjadi sesuai dengan proses yang kamu jalani.

Selamat mencoba Sahabat Top Score

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − three =