Tahukah kamu Sahabat Top Score bahwa Pendidikan di Indonesia dibagi menjadi dua macam, yaitu pendidikan teori dan juga praktik. Untuk Sahabat Top Score yang memiliki ketertarikan dalam bidang praktik, pasti akan memilih Sekolah Menengah Kejuruan. Berdasarkan data yang kami kutip dari dapodik pada Tahun Ajaran 2018/2019 jumlah siswa tingkat SLTA sebanyak 9,69 juta murid yang terdiri atas 4,78 juta murid SMA dan 4,9 juta murid SMK.

Dengan banyaknya jumlah siswa SMK pada tahun tersebut, dapat memberikan gambaran kepada kita semua bahwa peminat pada jenjang pendidikan SMK ternyata lebih banyak. Menjadi siswa SMK tentu memberi berbagai kelebihan, seperti pengalaman dalam praktik dunia kerja yang lebih memadai. Kemudian , kira-kira hal apa saja yang bisa dilakukan para alumni SMK setelah lulus sekolah? Berikut Kelebihan Sekolah di SMK :

1. Bisa Langsung Kerja

Salah satu keunggulan yang paling terlihat setelah lulus dari SMK adalah bisa langsung bekerja. Bekerja tentu menjadi impian sebagian besar siswa SMK, setelah tiga tahun berhadapan dengan alat-alat praktik dan tugas-tugas yang banyak.

Masalah lowongan kerja, tentu tidak perlu diragukan lagi. Banyak perusahaan-perusahaan yang mencari karyawan dari lulusan SMK. Namun, untuk dapat bersaing dengan para pelamar lainnya, kamu harus menyiapkan dirimu sejak dini ya Sahabat Top Score! Sahabat Top Score dapat menyiapkan portofolio seperti karya-karya dan proyek apa saja yang pernah dikerjakan. Jika kamu memiliki kemampuan yang memadai, Percaya deh! Big startup pun bisa saja melirikmu walau hanya lulusan SMK.

2. Membangun Bisnis Sendiri

Tidak diterima kerja? atau tidak suka menjadi karyawan? Sering diremehkan hanya karena anak SMK? Semangat! Jadikan itu motivasi untukmu ya Sahabat Top Score! Motivasi tersebut dapat kamu ubah menjadi peluang bisnis lho. Lulusan SMK biasanya sudah terlatih untuk berbisnis sesuai dengan bidang yang mereka tekuni. Baik berbisnis dalam bidang jasa ataupun produk, semuanya dapat kamu lakukan.

Jadi lulusan SMK juga dapat bersaing dengan para pebisnis lainnya. Oh ya, ada satu hal juga yang harus ditekankan dalam berbisnis nih Sahabat Top Score, Kamu tidak harus langsung memulai bisnismu dengan hal-hal besar lho. Dengan modal kecil dan memulai hal-hal kecil pun akan tetap bisa mengantarkanmu pada kesuksesan. Jadi, tetap semangat ya!

3. Lanjut Kuliah

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bukan hanya untuk anak SMA lho. Anak SMK pun memiliki kesempatan yang sama untuk ini. Kalau kamu punya dana lebih, jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan ya Sahabat Top Score! Untuk kamu yang nantinya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, pastinya kamu akan lebih unggul dari teman-teman lainnya. Pasalnya kamu sudah mendapatkan ilmu baik teori dan praktik yang lebih pada masa sekolah. Setelah melanjutkan kuliah, pastinya kemampuan dan pengetahuanmu akan bertambah lagi nih. Dan hal inilah yang dapat mengantarkanmu ke pekerjaan yang lebih tinggi.

4. Temukan Mentor Terbaikmu!

Tidak kerja, belum minat berbisnis, dan tak mau kuliah, tetapi masih haus ilmu dari berbagai bidang. Tenang saja, pilihan terakhir ini bisa jadi opsi bagi kamu yang masih ingin mengasah skill-mu.

Dengan mencari relasi-relasi dari berbagai bidang, tentu saja mereka dapat membantu Sahabat Top Score untuk berkembang. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan kepada mereka untuk mengajarimu bidang yang mereka tekuni. Bisa saja, orang-orang hebat ini yang akan mengantarkanmu pada jenjang karier dan kesuksesan kedepannya.

Pilih mentor-mentor sesuai dengan bidang yang mau Sahabat Top Score tekuni. Pelajari banyak hal dari pengalaman-pengalaman mereka. Dengan begitu Sahabat Top Score akan mengetahui trial and error yang dapat Sahabat Top Score hindari.

Semoga bermanfaat Sahabat Top Score!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + twelve =