Sudah berapa bulan anak-anak belajar dari rumah? Aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk sistem pembelajaran saat ini mengharuskan siswa dari berbagai jenjang pendidikan melaksanakan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi virus corona. Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas lebih dominan datang dibandingkan saat berada di sekolah. Apakah anak-anak Good Parents salah satu yang mengalaminya? Nah, untuk melawan rasa malas belajar selama di rumah, Rumah Belajar Top Score memberikan tips jitu yang bisa kalian terapkan supaya lebih semangat. Yuk, dicoba!

1. Budayakan Membaca Setiap Hari

Membaca Setiap Hari

Ajak mereka membaca setiap hari, walaupun hanya satu jam setiap harinya. Dengan cara ini anak akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting dan harus dilakukan.

2 . Ciptakan Suasana Santai Pada Saat Belajar

Ciptakan tempat yang nyaman dan jauh dari keadaan bising saat belajar.

Suasana Santai Pada Saat Belajar

3. Memberikan Waktu Istirahat

Adanya waktu istirahat, agar anak tidak mudah bosan dalam belajar. Karena berbeda dengan waktu sekolah usahakan istirahat 2-2,5 jam. Umumnya anak memiliki short attention span,ia mudah kehilangan fokus dan mudah bosan.

Oleh karena itu mengatur jangka waktu belajar yang tepat sangatlah penting. Dan taklupa selalu sediakan cemilan untukmenemani anak belajar.

4. Mengetahui Bidang yang Paling Diminati

Good Parents harus mengetahui minat anak. Setiap anak memiliki minat serta kemampuan yang berbeda. Dan ingat tidak ada yang pandai dalam segala hal. Jika Good Parents memahami ketertarikan anak, ini akan membantu dalam menghadapi anak belajar di rumah. Good Parents bisa memotivasinya dengan memberi ruang lebih untuk mengeksplorasi bidang yang dia minati.

5. Berhentilah Membandingkan Mereka dan Merayakan Prestasi Anak

Jika anak tergolong sulit memahami pelajaran, beri waktu dan kenalkan dia pada banyak cara untuk belajar. Membandingkan anak dengan orang lain bukanlah jalan keluar terbaik untuk memotivasinya. Sebab hal ini justru bisa menjatuhkan mentalnya, dan parahnya,membuat ia semakin enggan untuk belajar.Dan jangan lupa Pujian yang sederhana setelah anak berhasil mencapai sesuatu. Serta jangan terlalu fokus pada kesalahan dan kekurangan yang ia lakukan.

Merayakan Prestasi Anak

Tetap semangat ya Good Parents dalam mengajar anak selama #dirumahaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 18 =