Di Jaman yang sudah canggih ini, kita dituntut untuk menguasai lebih dari satu bahasa seperti bahasa inggris dan bahasa mandarin.

Bahasa Internasional dibutuhkan dalam berbagai kondisi, misalnya saat harus meeting dengan klien, presentasi, bahkan interview kerja.

Sebenarnya, belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang kamu kira. Rumah Belajar Top Score memberikan 7 tips belajar bahasa Inggris agar lebih mudah dan cepat, supaya kamu bisa semakin meningkatkan kemampuan.

Dengan demikian, kamu tidak perlu gugup apalagi takut ketika harus berbicara bahasa Inggris dengan orang lain.

Yuk mulai mencoba, berikut tipsnya :

1. Menonton film tanpa subtitle

Bila biasanya kamu selalu menggunakan subtitle untuk lebih memahami percakapan tokoh-tokohnya, mengapa tidak mencoba untuk menonaktifkan subtitle dan biasakan mencerna sendiri apa yang mereka bicarakan?

2. Membuat kamus berisi kosakata

Apabila ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti, buatlah kamus kamu sendiri.

Bila perlu, tulislah definisi dari kata tersebut dalam bahasa Inggris juga sehingga pemahaman kamu akan bertambah lebih banyak.

Kamu bisa membuat kamus tersebut di notes ponsel atau di notebook sehingga mudah dibawa ke mana-mana

3. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan menghafal liriknya

You are my sunshine

My only sunshine

You make me happy,

when sky is grey

You never know me,

how much I love you

Please don’t take my sunshine away

Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang kamu sukai. Putar berulang kali. Hafalkan liriknya. Bila perlu, terjemahkan kata-kata yang tidak dimengerti sehingga kosakata kamu bertambah.

4. Rajin-rajin berbicara dengan orang asing

Ajak keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun untuk berbicara bahasa Inggris di keseharian. Ini merupakan salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Ingat, practice makes perfect.

Dengan terus-menerus berlatih, kamu akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa ini. Tidak hanya menonjolkan aspek speaking, tapi juga listening.

Di sisi lain, kamu juga bisa mencoba untuk chatting dengan menggunakan bahasa Inggris. Bisa juga memulai percakapan dengan “Hi, how are you?” lalu berdiskusilah tentang hal-hal yang disukai agar obrolan bisa lebih mengalir.

Atau, posting foto di media sosial dengan caption-nya dalam bahasa Inggris juga bisa sangat membantu!

5. Belajar sendiri lewat video di YouTube atau Podcast

Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Akseslah berbagai video atau podcast yang bisa membantu kamu memperdalam kemampuan berbahasa asing

Di YouTube, kamu bisa belajar soal bahasa Inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan seterusnya. Enaknya, video-video tersebut bisa diakses gratis!

Oh ya, bermain game dengan bahasa Inggris juga bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing, lho! Dengan cara ini juga, kamu bisa belajar bahasa Inggris online.

6. Gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah menggunakan peralatan yang sudah ada yang sehari-harinya sudah kamu gunakan. Lewat smartphone, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris, lho di aplikasi belajar bahasa inggris di smartphone kamu, baik yang gratis maupun berbayar.

Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan lebih mudah dan cepat.

7. Perdalam pemahaman materi dan penggunaan bahasa Inggris di Rumah Belajar Topscore. Selain bisa

Selain bisa belajar dan mendalami pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, kalian juga bisa belajar English baik Speaking, Writing, Listening, Reading dan Structure.

Selamat mencoba ya sahabat Top Score dan tetap semangat belajar bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =