Anak suka malas belajar?

Semua anak pastinya akan belajar pada tahapannya. Mulai dari kecil hingga dewasa pun kata belajar akan kita sering dengar. Untuk anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA pastinya akan mengalami fase susah belajar.

Mengapa? Yuk, kita bahas disini apa saja yang menjadi permasalahan anak ketika belajar.

Cara belajar yang salah.

Cara belajar yang salah

Banyak pra remaja dan remaja saat ini yang suka belajar dengan sistem SKS atau biasa disebut sistem kebut semalam. Nah, cara ini adalah cara yang salah karena ilmu pelajaran ini tidak terserap dengan maksimal. Seharusnya adalah belajar dan memahami ketika saat diterangkan dan diulangi dirumah agar ketika ujian atau ulangan pelajaran tersebut cukup diulang saja.

Semangat belajar yang tidak konsisten.

Semangat belajar yang tidak konsisten.

Rasa semangat yang kadang timbul tenggelam ini, membuat rasa malas yang berlebih. Biasa terjadi jika ada mata pelajaran yang tidak disuka. Harus memiliki rasa semangat yang tinggi agar selalu konsisten untuk belajar dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Tidak mempunyai minat belajar.

Tidak mempunyai minat belajar.

Keinginan belajar biasanya ada karena suatu dorongan. Baik dari sekolah, tempat bimbingan belajar, orang tua, kondisi kesehatan dan lain-lain. Banyak kondisi yang menjadi faktor baik internal atau eksternal pada dasarnya seorang anak yang tidak memiliki minat belajar harus mendapatkan perhatian khusus baik dari orang tua dan guru di sekolah.

Nah, menurut kalian apa saja sih yang menjadi kendala ketika anak atau Anda sendiri sulit belajar? Coba share di kolom komentar ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − five =